Daftar Rincian Formasi Seleksi CPNS 2019 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi

Daftar Rincian Formasi Seleksi CPNS 2019 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi

Pendaftaran seleksi penerimaan CPNS Tahun 2019 telah resmi dibuka pada tanggal 11 November 2019. Sejumlah kementerian/lembaga serta pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota juga telah mengumukan penerimaan CPNS termasuk formasi dan persyaratannya.

Berdasarkan informasi yang telah dirilis sebelumnya oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pada penerimaan CPNS tahun ini tersedia lowongan sebanyak 197.117 yang terbagi di beberapa kementerian/lembaga serta pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Berikut admin telah merangkum formasi CPNS, persyaratan pendaftaran, contoh surat lamaran dan surat pernyataan beberapa kementerian/lembaga serta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang bisa diunduh/didownload melalui link yang tersedia.

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menjadi salah satu pilihan favorit calon pelamar CPNS tahun 2019. Hal ini dikarenakan dari 4.598 formasi yang dibuka, sebanyak 3.532 formasi disediakan bagi lulusan SMA sederajat. 

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dalam bentuk PDF.



2. Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini membuka formasi sebanyak 180 formasi untuk lulusan Diploma III (D-III), Diploma IV (D-IV), Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2). Nantinya CPNS yang dinyatakan lulus akan ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam bentuk PDF.



3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2019 ini membuka sebanyak 1.048 formasi untuk kualifikasi pendidikan lulusan Diploma III (D-III), Diploma IV (D-IV), Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2)

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam bentuk PDF.



4.  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2019 membuka sebanyak 230 formasi untuk lulusan Diploma III (D-III) dan Sarjana (S-1). CPNS yang diyatakan lulus akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam bentuk PDF.



5. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada seleksi CPNS tahun 2019 akan membuka 132 formasi yang terbagi dalam  14 formasi jabatan untuk jenjang pendidikan Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2).

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dalam bentuk PDF.



6. Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka 716 formasi pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2019. CPNS yang dinyatakan diterima nantinya akan ditempatkan di Sekretariat KPU yang tersebar di empat zona berbeda. 

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam bentuk PDF.



7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  membuka 2.196 formasi pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2019. Para CPNS yang dinyatakan lulus nantinya akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Perguruan Tinggi Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Persayaratan jenjang pendidikan yaitu lulusan SMA Sederajat, Diploma III (D-III) dan Sarjana (S-1). 

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam bentuk PDF.



8. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)  membuka 727 formasi pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2019. Persyaratan jenjang pendidikan yaitu Diploma I (D-I), Diploma III (D-III) dan Sarjana (S-1).

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam bentuk PDF.



9. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membuka 552 formasi pada penerimaan CPNS tahun 2019. Kesempatan mendaftar terbuka bagi warga negara Indonesia yang merupakan lulusan Diploma III (D-III), Diploma IV (D-IV), Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2).

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam bentuk PDF.



10. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi kesempatan kepada seluruh putra-putri Indonesia dengan membuka 1.244 formasi CPNS. Persyaratan jenjang pendidikan pelamar yaitu SMA Sederajat, SMK, Diploma III (D-III), Diploma IV (D-IV), Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2).

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam bentuk PDF.



11. Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementerian Pertanian (Kementan) membuka 520 formasi untuk seleksi penerimaan CPNS tahun 2019. Persyaratan jenjang pendidikan pelamar yaitu lulusan SMK, Diploma III (D-III), Diploma IV (D-IV), Sarjana (S-1), dan Pasca Sarjana (S-2).   

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Pertanian (Kementan) dalam bentuk PDF.



12. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) membuka lowongan sebanyak 705 formasi. Persyaratan jenjang pendidikan pelamar yaitu lulusan SMK sebanyak 80 orang, Diploma III (D-III) sebanyak 130 orang, Sarjana (S-1) sebanyak 459 orang, dan Pasca Sarjana (S-2) sebanyak 36 orang.

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) dalam bentuk PDF.



13. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPA)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPA) membuka lowongan CPNS sebanyak 25 formasi. Persyaratan jenjang pendidikan yaitu pelamar dengan lulusan Diploma III (D-III), Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2).

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPA) dalam bentuk PDF.



14. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2019 membuka penerimaan CPNS sebanyak 93 formasi. Persyaratan jenjang pendidikan yaitu pelamar dengan lulusan Diploma III (D-III) dan Sarjana (S-1)

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam bentuk PDF.



15. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) membuka penerimaan CPNS sebanyak 71 formasi pada tahun 2019. Persyaratan jenjang pendidikan yaitu pelamar dengan lulusan Diploma III (D-III) dan Sarjana (S-1)

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam bentuk PDF.



16. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut)

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) pada tahun 2019 membuka lowongan CPNS sebanyak 519 formasi. 

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dalam bentuk PDF.



17. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng)

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) membuka lowongan CPNS sebanyak 1.409 formasi dengan rincian :
  • Tenaga Guru sebanyak 551 formasi
  • Tenaga Kesehatan sebanyak 316 formasi
  • Tenaga Teknis sebanyak 542 formasi

Berikut link yang bisa diklik untuk mengunduh pengumuman, formasi, serta persyaratan pendaftaran CPNS di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dalam bentuk PDF.





Demikian Daftar Rincian Formasi Seleksi CPNS 2019 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi  semoga bisa membantu kalian semua yang sementara mencari informasi tentang foramsi CPNS tahun 2019.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url