Aplikasi Yang Wajib Setelah Install Ulang Windows

Aplikasi yang wajib setelah install ulang windows
Install ulang windows
Install ulang windows adalah sebuah proses yang sudah tidak asing lagi bagi hampir semua sobat sekalian yang sering menggunakan komputer ataupun laptop. Bahkan sebagian besar menjadikan pekerjaan install ulang windows sebuah sebagai salah satu sumber mata pencaharian. Bagi orang yang masih baru berinteraksi dengan komputer atapun laptop biasanya menggunakan jasa tukang servis komputer untuk install ulang windows.

PENYEBAB PERLUNYA INSTALL ULANG WINDOWS

Seseorang melakukan install ulang windows komputer atau laptop biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain : 
  • Komputer atau laptop terserang virus
  • Penyesuaian windows dengan spesifikasi komputer atau laptop
  • Kebutuhan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari
  • Kenyamanan dalam menggunakannya baik dari tampilan ataupun performance
  • Adanya file system atau registry yang rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi
  • Ingin merefresh windows
  • Komputer atau laptop akan dijual atau ingin dihibahkan kepada orang lain sehingga dilakukan install ulang untuk menghapus semua data yang ada (tentunya setelah datanya dibackup)

HAL YANG PERLU DIPERHATIJAN SEBELUM MULAI INSTALL WINDOWS

Sebelum melakukan install ulang kita harus memastikan bahwa data-data yang ada tidak akan hilang atau telah dibackup. Selain itu pastikan partisi atau drive yang akan diformat adalah partisi system, biasanya Drive C. Pastikan baterai dalam kondisi "prima" atau kalau perlu sambil dicharge.

Bagi yang telah lama berinteraksi dengan yang namanya install ulang pasti pernah menggunakan CD/DVD. Suka duka menggunakan CD/DVD untuk install ulang windows banyak sekali, diantaranya adalah beli CD-R/DVD-R kemudian burning file windows. Atau apabila permukaan CD/DVD nya sudah tergores atau tembus cahaya sebagaian maka yakin dan percaya proses intallnya tidak akan berjalan mulus. Sekarang hal tersebut sudah jarang dilakukan atau bahkan tidak pernah lagi karena sebagian besar orang telah masuk zona nyaman yaitu menggunakan flashdisk. Selain simpel, proses instalasinya juga lebih cepat dibanding menggunakan CD/DVD. Kita juga tidak perlu lagi mencari CD/DVD ROM Protable apabila komputer atau laptopnya tidak terpasang CD/DVD ROM. Cukup menggunakan aplikasi booting dan file windows dalam bentuk ISO.

APLIKASI YANG WAJIB SETELAH INSTALL ULANG WINDOWS

Sekarang kita lewati proses install windowsnya karena saya yakin sobat sekalian sudah expert dalam hal ini. Yang perlu diperhatikan adalah setelah install windowsnya beres, apa yang harus dilakukan? Atau aplikasi/program apa yang wajib diinstall terlebih dahulu. Nah untuk itu saya telah membuat urutan aplikasi yang wajib setelah install ulang windows sebagai berikut :

1. Driver

Aplikasi yang wajib setelah install ulang windows
Driver
Driver ini bisa diartikan sebagai pengendali yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat keras atau hardware yang ada di dalam komputer atau laptop. Driver ini pada dasarnya berguna agar perangkat keras tersebut bisa dikenali oleh operating system (OS) komputer kita. Dalam komputer kita ada beberapa perangkat keras yang memiliki fungsi masing-masing seperti AUdio/Sound, BIOS, Video/Grafik, Touchpad, Wireless, Ethernet, Card Reader, Keyboard, Mouse, dan Penyimpanan. Semua perangkat keras ini apabila ada yang tidak terinstall maka fungsi sebuah komputer itu akan menjadi kurang maksimal.Cara install driver juga beberapa macam diantaranya sekali klik maka semuanya akan terinstall (contoh : driverpack) dan ada yang memerlukan instalasi satu per satu (per driver). 

Khusus driver wireless, menurut saya inilah yang terpenting karena apabila driver ini sudah terinstall maka kita akan mudah mencari driver/aplikasi lain melalui internet.

2. Antivirus

Aplikasi Yang Wajib Setelah Install Ulang Windows
Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis aplikasi atau software yang berfungsi untuk memproteksi, mendeteksi serta menghapus virus yang ada di dalam sistem komputer kita. Apabila alasan kita install ulang windows adalah karena komputer atau laptop kita terserang virus, maka sebelum lanjut ke proses selanjutnya ada baiknya kita menjalankan aplikasi antivirus di semua partisi/drive  untuk memastikan bahwa komputer atau laptop kita benar-benar telah bersih dari virus. Selain itu, apabila kita akan menginstall sebuah aplikasi maka antivirus ini akan menjalankan tugas dan fungsinya guna memastikan bahwa pada aplikasi tersebut tidak terdeteksi "mengandung" virus.

3. Browser

Aplikasi Yang Wajib Setelah Install Ulang Windows
Google Chrome
Browser disini berfungsi untuk merambah internet untuk mengunduh/mendownload aplikasi yang kita perlukan. Ada beberapa browser yang bisa menjadi pilihan untuk kita gunakan antara lain Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

4. Downloader

Aplikasi Yang Wajib Setelah Install Ulang Windows
Downloader
Meskipun secara default semua browser mempunyai fitur downloader, namun tidak seperti dengan downloader manager yang terpisah dari browser. Selain fitur resume, download akselerator, juga kecepatan download filenya lebih cepat dari downloader browser itu sendiri. Salah satu contoh downloader manager yang menjadi pilihan sebagian besar orang adalah Internet Download Manager (IDM).

5. Winrar

Aplikasi Yang Wajib Setelah Install Ulang Windows
Winrar
Winrar adalah sebuah aplikasi atau software untuk mengarsipkan atau mengkompresi beberapa file menjadi satu atau sebaliknya. Software ini dibuat oleh Eugene Roshal. Format kompresi winrar ada dua yaitu rar dan zip. Beberapa file yang kita telah download biasanya terkompresi ke dalam format rar ataupun zip sehingga untuk diinstall perlu diekstrak terlebih dahulu. Berdasarkan hal tersebut maka jelas sudah mengapa winrar itu menjadi aplikasi pendukung yang wajib ada setelah install ulang windows.

6. Microsoft Office

Aplikasi Yang Wajib Setelah Install Ulang Windows
Ms. Office
Microsoft Office adalah sebuah software yang berisi paket aplikasi perkantoran yang dibuat oleh Microsoft dan bisa dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam Microsoft Office ini adalah Excel, Word dan Power Point.

7. Multimedia Player

Aplikasi Yang Wajib Setelah Install Ulang Windows
Multimedia Player
Bagi sobat sekalian yang suka menikmati hiburan baik itu film maupun musik, aplikasi ini wajib ada di komputer atau laptop kalian. Meskipun setelah install windows terdapat aplikasi multimedia player yang terinstall, namun ada beberapa aplikasi lain yang bisa sobat sekalian install yang memiliki fitur lebih lengkap untuk digunakan memutar film ataupun musik.


Itulah beberapa aplikasi yang wajib setelah install ulang windows, semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi sobat sekalian. Terima kasih atas kunjungannya ya.




Next Post Previous Post